Rukun Raharja perluas jaringan pipa gas di Kabupaten Siak Riau

Proses konstruksi pipa memakan waktu sekitar delapan bulan, sesuai dengan rencana awal pembangunannya. Sehingga pipa gas ini sudah dapat memberikan kontribusi pendapatan kepada perseroan mulai dari Januari 2024, sesuai dengan yang telah kami sampaika

Jakarta (Koridor TV) – Emiten migas PT Rukun Raharja Tbk (RAJA), melalui anak usahanya PT Energasindo Heksa Karya (EHK) memperkokoh portfolio bisnis perdagangan gas dengan memperluas jaringan pipa gas di Kabupaten Siak, Provinsi Riau.

Perseroan secara resmi melakukan pengaliran gas perdana pada jaringan pipa gas tersebut pada Rabu ini. Jaringan pipa gas tersebut memiliki panjang sekitar 11,7 kilometer.

Adapun PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk (IKPP) menjadi pelanggan EHK yang akan membeli gas melalui pipa tersebut.

“Proses konstruksi pipa memakan waktu sekitar delapan bulan, sesuai dengan rencana awal pembangunannya. Sehingga pipa gas ini sudah dapat memberikan kontribusi pendapatan kepada perseroan mulai dari Januari 2024, sesuai dengan yang telah kami sampaikan sebelumnya kepada publik,” kata Direktur Utama RAJA Djauhar Maulidi dalam keterangan di Jakarta, Rabu.

Djauhar menyampaikan, penyerapan gas melalui pipa tersebut diperkirakan akan memberikan kontribusi sebesar 35 persen kepada sektor perdagangan gas EHK.

“Proyek ini adalah merupakan upaya kolaboratif kami dengan IKPP dan tentunya kami berharap tidak hanya di wilayah ini saja, tapi juga akan ada pengembangan infrastruktur di wilayah lainnya,” ujar Djauhar.

Penjualan gas melalui pipa itu diproyeksikan akan memberikan tambahan pendapatan kepada EHK sekitar 45 juta dolar AS per tahun selama 10 tahun periode kontrak jual beli gas, sehingga proyek tersebut akan memberikan dampak finansial yang signifikan. Saat ini pipa gas tersebut akan secara eksklusif digunakan oleh IKPP.

Perseroan juga mempertimbangkan untuk menjajaki kemitraan strategis lain pada masa depan dan memperluas basis pelanggannya sesuai dengan permintaan pasar, karena perusahaan memahami bahwa bisnis perdagangan gas masih menjadi lini bisnis yang memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan.

Selain di Provinsi Riau, perseroan akan terus melakukan pengembangan di wilayah-wilayah lainnya di Indonesia.

Baca juga: PT Rukun Raharja bukukan laba Rp149,7 miliar pada semester I-2023

 

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © Koridor TV 2023

Sumber : Rukun Raharja perluas jaringan pipa gas di Kabupaten Siak Riau

Leave a Comment