PTBA raih 4 penghargaan inovasi digital dalam ajang IDIA Awards 2023

Pemanfaatan ‘Internet of Things’ membuat pengambilan keputusan menjadi lebih cepat, tepat dan akurat

Jakarta (Koridor TV) – PT Bukit Asam Tbk (PTBA) meraih 4 penghargaan dalam ajang Indonesia Digital Innovation & Achievement (IDIA) Awards 2023 atas inovasi digital dan implementasi Internet of Things (IoT) yang telah dilakukan.

“Transformasi digital merupakan bagian dari langkah strategis PTBA untuk meningkatkan efisiensi dan keberlanjutan. Hal ini akan terus diperkuat untuk mendukung proses bisnis perusahaan ke depan,” kata VP Teknologi Informasi PT Bukit Asam Tbk (PTBA) Andri Mahendra dalam keterangannya di Jakarta, Senin

Adapun kategori penghargaan yang diterima BUMN itu antara lain “Best Overall Digital Innovation & Achievement 2023“, “Best Digital Technology & IoT Implementation 2023 in Mining Industry“.

Selain itu, Direktur Utama PT Bukit Asam Tbk Arsal Ismail dianugerahi “Best CEO Indonesia Digital Innovation & Achievement of The Year 2023“.

Kemudian VP Teknologi Informasi PT Bukit Asam Tbk (PTBA) Andri Mahendra meraih “Best Senior Executive Indonesia Digital Innovation & Achievement of The Year 2023“.

Baca juga: Bukit Asam catat laba bersih Rp3,8 triliun pada kuartal III 2023
.
Andri menjelaskan sejak 2020, PTBA telah memiliki aplikasi CISEA (Corporate Information System and Enterprise Application). Melalui CISEA, aktivitas operasional pertambangan dapat dipantau secara real time melalui ponsel.

Aplikasi CISEA mengintegrasikan beberapa sistem sekaligus, di antaranya Automation & SCADA System Integration, Bukit Asam Mine Dispatch Optimation System, Automatic Train Loading Station, Slope Stability Radar (SSR), Digital Telemetri, dan Sistem Pemantauan Air Terintegrasi (SPARING).

“Pemanfaatan Internet of Things membuat pengambilan keputusan menjadi lebih cepat, tepat dan akurat. Digitalisasi juga mendukung implementasi Good Mining Practice,” ujar Andri.

Sebagai informasi, IDIA Awards 2023 bertujuan memberikan apresiasi dan penghargaan kepada perusahaan-perusahaan yang dinilai berhasil dalam pencapaian inovasi digital dan implementasi IoT secara lebih baik dan efektif.

Penilaian dilakukan oleh dewan juri yang terdiri dari dari para akademisi, praktisi, para pendiri asosiasi yang terkait ICT dan juri dari kementerian dan lembaga pemerintah seperti Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), serta Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Dewan Juri IDIA Awards 2023 memberikan nilai 4,00 dari skala 5,00 untuk PTBA. Skor tersebut berdasarkan pada Keterbukaan (Transparency), Akuntabilitas (Accountability), Pertanggungjawaban (Responsibility), Kemandirian (Independency), Kesetaraan dan Kewajaran (Fairness).

Baca juga: PTBA kembangkan energi biomassa dari kaliandra merah

Sumber : PTBA raih 4 penghargaan inovasi digital dalam ajang IDIA Awards 2023

Leave a Comment