Menteri PUPR ingatkan renovasi sarana pendidikan untuk bentuk karakter

Saya mohon prasarana dan sarana yang baru direhabilitasi atau direnovasi dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk pembentukan karakter anak didik yang tangguh

Jakarta (Koridor TV) – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengingatkan rehabilitasi dan renovasi sarana dan prasarana pendidikan seharusnya dimanfaatkan untuk pembentukan karakter anak didik.

Dia mengatakan sejak tahun 2019, Kementerian PUPR mendapatkan tugas tambahan dari Presiden Joko Widodo untuk melakukan rehabilitasi dan renovasi sekolah, madrasah, perguruan tinggi guna mendukung program peningkatan kualitas sumber daya manusia.

“Saya mohon prasarana dan sarana yang baru direhabilitasi atau direnovasi dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk pembentukan karakter anak didik yang tangguh,” ujar Basuki dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Basuki berpesan pembangunan sarana dan prasarana pendidikan yang sudah selesai dikelola dengan baik, selanjutnya dilakukan penyerahan aset kepada pemerintah daerah maupun pihak sekolah sesuai dengan aturan yang berlaku. Hal ini juga sebagai bentuk transparansi dan akuntabilitas penggunaan anggaran negara.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan rehabilitasi dan renovasi tiga sekolah di Provinsi Jawa Timur, yakni Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 5 Kota Surabaya, Sekolah Dasar (SD) Labang Kabupaten Bangkalan, dan SD Negeri Sumber Tangkil Kabupaten Malang.

Serah terima sementara pengelolaan rehabilitasi dan renovasi sarana dan prasarana pendidikan di Jawa Timur dilaksanakan di SMA Negeri 5 Surabaya yang dihadiri oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono pada Sabtu (15/10).

Dengan selesainya rehabilitasi dan renovasi sarana dan prasarana sekolah diharapkan segera dapat dimanfaatkan untuk mendukung kegiatan belajar para siswa.

Rehabilitasi dan renovasi sekolah di Jatim dilaksanakan Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Jatim sejak 14 Januari 2022 dan telah selesai 100 persen sesuai kontrak 31 Agustus 2022.

Lingkup pekerjaannya meliputi pekerjaan struktur, arsitektur, mekanikal dan elektrikal, bangunan penunjang, sarana dan prasarana Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dan fasilitas pendukung lainnya.

Anggaran rehabilitasi dan renovasi sekolah di Jatim ini bersumber dari APBN tahun 2021-2022 senilai Rp22,5 miliar. Pelaksanaannya dikerjakan oleh kontraktor PT Graha Yasa Anugerah-PT Pandan Jaya Indonesia (KSO).

Sumber : Menteri PUPR ingatkan renovasi sarana pendidikan untuk bentuk karakter

Leave a Comment