Dua proyek garapan PT PP di Makassar diresmikan Jokowi

Alhamdulillah kedua proyek tersebut dapat selesai sesuai target, kualitas, dan zero accident. Penyelesaian proyek ini juga diharapkan dapat berkontribusi besar bagi masyarakat Makassar dan Sulawesi Selatan

Jakarta (Koridor TV) – Dua proyek yang dikerjakan PT PP (Persero) Tbk diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis, yaitu Proyek Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpadu (SPALDT) dan Proyek Strategis Nasional (PSN) Makassar New Port Tahap 1B & 1C.

Direktur Utama PTPP Novel Arsyad menjelaskan, Proyek SPALDT IPAL Losari atau Proyek Makassar WWTP B1 berada dibawah naungan Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat (PUPR) dengan jenis pendanaan berasal dari Asian Development Bank (ADP).

“Proyek ini memiliki nilai kontrak senilai Rp282 miliar ditambah 3,05 juta dolar AS dengan masa pelaksanaan selama 1.110 hari, luas lahan 2,37 hektare (ha), dan kapasitas 16.000 meter kubik/hari, dan diharapkan dapat melayani 41.000 Kepala Keluarga (KK) di Kota Makassar,” ujar Novel .

Kemudian, Proyek Makassar New Port Tahap 1B & 1C merupakan PSN dengan pendanaan berasal dari PT Pelabuhan Indonesia (Persero) dan memiliki nilai kontrak senilai Rp2,96 triliun dengan masa pelaksanaan proyek dari Maret 2019 sampai September 2023.

“Total Paket Dermaga yang dikerjakan yaitu 1.280 meter persegi dikali 35,5 meter persegi, dengan luas kontainer yard seluas 38 hektare yang akan memuat kapasitas 2,5 juta TEUs per Tahun,” ujar Novel.

Novel menyampaikan apresiasi atas kehadiran Presiden beserta Menteri BUMN, Menteri PUPR, dan Menteri Perhubungan dalam peresmian dua proyek yang dikerjakan oleh PTPP.

“Alhamdulillah kedua proyek tersebut dapat selesai sesuai target, kualitas, dan zero accident. Penyelesaian proyek ini juga diharapkan dapat berkontribusi besar bagi masyarakat Makassar dan Sulawesi Selatan,” ujar Novel.

Dalam kesempatan sama, Presiden Joko Widodo menekankan pentingnya SPALDT untuk meningkatkan kualitas air tanah dan kesehatan bagi masyarakat sekitar.

“Kota Makassar makin bersih, kualitas lingkungan, kualitas air tanah, kualitas air baku makin baik dan masyarakat makin sehat dan produktif,” ujar Jokowi.

Sementara itu, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan kekuatan pelabuhan BUMN harus disatukan untuk menjadi pemain global, meningkatkan efisiensi, dan mendorong penurunan biaya logistik nasional.

“Dengan pelayanan 24/7 atau 24 jam selama 7 hari, kehadiran Makassar New Port yang nantinya akan terintegrasi dengan sebuah kawasan industri berskala besar dan juga rel kereta api dan jalan tol yang menghubungkan kota-kota di Sulawesi diharapkan mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomis Indonesia secara luas,” ujar Erick

Baca juga: PT PP raih kontrak Rp31,67 triliun hingga akhir 2023

Baca juga: Proyek pembangunan infrastruktur PT PP berjalan sesuai rencana
 

Pewarta: Muhammad Heriyanto
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © Koridor TV 2024

Sumber : Dua proyek garapan PT PP di Makassar diresmikan Jokowi

Leave a Comment